8 Ways to Work Smarter and Improve Productivity

Adopsi dari: Jonathan Long (Entrepreneur, October 09, 2017)
Kita semua memiliki jumlah waktu yang sama dalam sehari. Tidak masalah seberapa sukses atau kaya seseorang, kita tetap dibatasi 24 jam per hari. Kita harus mengurangi beberapa jam untuk tidur, makan, pulang-pergi dan hanya menjalani kehidupan sehari-hari sehingga waktu yang yang tersisa untuk menjalankan tugas kewirausahan (entrepreneurial tasks) sangatlah jarang. Namun demikian, ada cara untuk memaksimalkan waktu tersebut yang melibatkan kerja secara cerdas dan bukan lebih keras dalam bekerja. Oleh karena itu, ada delapan (8) tips yang dapat dilakukan dengan waktu yang lebih singkat seperti dibawah ini:
1)      Pastikan anda melakukan sesuatu yang anda sukai 100%
Hal ini terlihat sederhana. Ketika anda benar-benar menyukai apa yang Anda lakukan, itu tidak terasa seperti bekerja. Oleh karena itu, ketika anda benar-benar bersemangat tentang apa yang dilakukan, anda menjadi lebih fokus sehingga produktivitas meningkat. Jika anda tidak menyukai dan membenci apa yang dilakukan, terlepas dari berapa banyak uang yang anda hasilkan, maka anda tidak akan merasa senang sehingga produktivitas menurun.

2)      Selalu mengikuti perkembangan teknologi
Jika anda menolak untuk mengikuti perkembangan dalam menggunakan teknologi, maka anda akan mengalami kerugian yang besar. Pada zaman sekarang, makin banyak aplikasi dan perangkat lunak otomatis yang bermunculan untuk membantu dan memudahkan kita dalam melakukan aktivitas bisnis dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu saja berakibat positif dalam meningkatkan produktivitas anda.

3)      Tingkatkan hubungan jaringan anda
Luangkan waktu dan usaha anda untuk memperluas dan meningkatkan jaringan anda dengan aktif di media sosial, komunitas, konferensi, dll. Hubungan yang sudah anda bangun sangatlah berguna kedepannya untuk membantu kegiatan bisnis anda dengan memanfaatkan kekuatan dari orang lain.

4)      Ukuran keberhasilan dilihat dari tugas yang diselesaikan, bukan lamanya waktu kerja
Banyak orang yang tergantung sama jumlah jam kerja, contohnya “saya sudah bekerja 12 jam per hari ini, namun tugas atau pekerjaan yang ditargetkan masih belum selesai.” Oleh karena itu, idealnya ketika anda belajar untuk menyelesaikan tugas lebih cepat, anda mendapatkan lebih banyak pekerjaan. Sebagian besar wirausahawan secara alami bersaing, sehingga menciptakan persaingan pribadi dan mencoba meningkatkan kinerja Anda dalam hal tugas harian yang diselesaikan.

5)      Delegasikan kelemahan anda
Kadang-kadang, kita mengira diri kita manusia super dan bisa melakukan segalanya, akan tetapi hal itu tidaklah benar. Tidak ada wirausahawan yang bagus dalam segala hal, jadi cari tahu apa kelemahan anda dan delegasikan tugas-tugas itu kepada anggota tim yang lebih cocok untuk menangani hal tersebut. Daripada mencoba melakukan semuanya, fokuslah pada sesuatu yang anda kuasai dan delegasikan sisanya. Ini dapat mengubah bisnis anda menjadi lebih baik. Jangan takut untuk memanggil para ahli - semakin cepat Anda menyadari bahwa Anda tidak dapat melakukan semuanya, maka anda menjadi semakin lebih produktif.

6)      Fokus pada kemajuan yang konsisten
Anda tidak akan mencapai garis finish dalam satu hari. Awal dari setiap perjalanan bisnis biasanya sangat sulit, tetapi ketika anda maju, anda belajar bagaimana mengatasinya dan membutuhkan konsistensi. Jika Anda fokus untuk membuat kemajuan setiap hari dan terus bergerak maju, anda akhirnya akan mencapai sasaran Anda. Ketika Anda terobsesi dengan kemajuan, Anda akan belajar bagaimana menyelesaikan tugas dengan lebih efisien sambil tetap fokus pada hal yang penting.

7)      Hilangkan semua gangguan
Gangguan datang dalam segala bentuk, semakin cepat anda menghapusnya dari kehidupan anda, semakin cepat anda akan berada di jalurnya. Menjaga agar gangguan-gangguan itu keluar dari hidup anda memungkinkan anda tetap berada di jalur. Anda harus sedikit lebih egois dan menempatkan impian dan kesejahteraan anda di depan perasaan orang lain. Akan tetapi, ada keluarga, teman, dan hubungan yang dapat memiliki dampak positif pada kinerja anda – maka dari itu rangkullah mereka dan menjaga mereka tetap dekat.

8)      Hindari penundaan dengan menciptakan gol mikro.

Penundaan akan menghancurkan produktivitas Anda, dan salah satu penyebab penundaan yang paling umum adalah merasa dikalahkan. Kita semua memiliki tujuan besar, dan jika Anda mundur dan mencoba mencapai tujuan itu tanpa beberapa tujuan mikro, anda pasti akan merasa kewalahan. Maka dari itu, pisahkan tujuan anda menjadi beberapa sasaran mikro. Ini memungkinkan anda untuk menjatuhkan mereka dan merasa berhasil. Ketika anda melihat sedikit kemajuan, itu membuat tujuan terbesar tampak dapat dicapai.

Penulis : Yose Foejisanto, SE, M.Sc


Cognoscenti Consulting Group sebagai perusahaan konsultansi bidang manajemen, memiliki banyak pengalaman dalam membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi melalui perbaikan proses kerja. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik mulai dari penyusunan strategi hingga proses implementasi di tingkat operasional dan audit untuk menemukan perbaikan. Jika ada hal yang ingin anda diskusi dengan kami, silahkan jangan segan untuk menghubungi Cognoscenti Consulting Group. www.ccg.co.id / 021. 29022128

Previous
Next Post »