Konsultan Manajemen dan SOP

Is Anyone In Your Company Paying Attention to Strategic Alignment?

Adopsi dari: Jonathan Trevor (Harvard Business Review, January 12, 2018)





Perusahaan yang berkinerja terbaik seringkali merupakan yang terbaik didalam menyelaraskan strategi kepada semua elemen individu dalam organisasi. Tapi siapa di perusahaan Anda yang memperhatikan seberapa baik strategi Anda sesuai dengan tujuan dan kemampuan organisasi Anda? Dalam beberapa penelitian yang dilakukan dengan beberapa perusahaan, dapat diamati bahwa, seringkali, tidak ada individu atau kelompok yang secara fungsional bertanggung jawab untuk mengawasi pengaturan perusahaan mereka dari ujung ke ujung. Kemudian, beberapa individu ataupun kelompok yang berbeda bertanggung jawab atas komponen rantai nilai yang berbeda yang membentuk desain perusahaan mereka, dan seringkali mereka tidak tergabung sebagaimana mestinya. Misalkan, para pemimpin secara pribadi hanya mengejar insentif untuk melindungi dan mengoptimalkan wilayah mereka sendiri, dan mendapati diri mereka terkunci dalam perang internal yang menekan energi, daripada bekerja dengan rekan sejajar untuk menyesuaikan dan memperbaiki seluruh perusahaan.

Jadi, siapa yang harus bertanggung jawab untuk memastikan perusahaan Anda selaras secara strategis? Jawabannya jangan sampai "CEO" atau Direksi. Tugas menyelaraskan strategi kedalam perusahaan modern tidaklah mudah untuk ditambahkan kedalam daftar orang yang tugasnya mempertimbangkan ratusan hal lainnya, tidak peduli seberapa berbakat atau hebatnya mereka. Maka dari itu, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan untuk perusahaan anda sendiri antara lain:
1.      Secara praktis, siapa (Who) di tingkat perusahaan anda yang bertanggung jawab untuk memastikannya bahwa selaras secara strategis? Apakah fokus dan perilaku mereka sesuai dengan tanggung jawab ini, ataukah hanya merupakan tambahan dari pekerjaan utama mereka? Apakah hal ini merupakan tanggung jawab senior manajer perusahaan anda, atau haruskah itu menjadi tanggung jawab yang lebih terdistribusi? Berapa banyak dan seberapa sering waktu yang dibutuhkan bagi perusahaan anda untuk meninjau ulang prinsip utama organisasi dan mendiskusikan bagaimana membangun kemampuan untuk pelanggan masa depan, dibandingkan dengan fokus pada bisnis saat ini?
2.      Bagaimana (How)kepemimpinan perusahaan anda membuat keputusan yang tepat tentang pengaturan perusahaan anda sebagai sistem kompleks dari banyak bagian yang bergerak dan saling berhubungan, termasuk kemampuan organisasi, sumber daya, dan sistem manajemen, dimana semuanya ditujukan untuk memenuhi satu tujuan secara menyeluruh? Kerangka kerja dan informasi apa yang dibutuhkan oleh pemimpin anda untuk mengajukan pertanyaan yang baik, melakukan percakapan yang lebih baik, dan membuat pilihan strategi dan organisasi yang tangguh?

3.      Kemampuan (What) apa yang dimiliki oleh pemimpin tingkat perusahaan anda agar efektif dalam menyelaraskan perusahaan anda agar memastikannya sesuai dengan tujuan perusahaan? Dalam menghadapi tantangan penyelarasan strategis, seorang pemimpin harus menjadi “multi-segalanya” dalam pandangan dan kemampuan. “Multi-segalanya” dalam pengertian ini berarti: multi-level (mampu berpikir tingkat perusahaan); multi-disiplin (menjadi berbentuk “T” atau memiliki pengetahuan generalis dan spesialis yang berkisar di seluruh bisnis); multi-nasional (tidak memiliki bias geografis atau budaya dalam lingkup atau pengambilan keputusan); multi-pemangku kepentingan (memahami perusahaan dari berbagai perspektif dan kepentingan); dan multi-bertahap (memilih untuk berpikir dalam waktu dekat, menengah dan jangka panjang meskipun mendapat tekanan untuk hasil langsung).

Jika tidak ada jawaban yang jelas atas pertanyaan-pertanyaan ini, maka ada kemungkinan bagus bahwa tidak ada orang yang cukup memperhatikan penyelarasan strategis di perusahaan Anda. Jika demikian, Anda sangat perlu untuk mengatasi kesenjangan ini dalam fokus dan kemampuan kepemimpinan. Mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan melalui penyelarasan strategi yang superior tidak terjadi secara kebetulan - hal itu terjadi karena disain, atau tidak sama sekali, dan memerlukan pengembangan kepemimpinan khusus, yang disebut kepemimpinan perusahaan.
Penulis : Yose Foejisanto

Cognoscenti Consulting Group sebagai perusahaan konsultansi bidang manajemen, memiliki banyak pengalaman dalam membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja organisasi melalui perbaikan proses kerja. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik mulai dari penyusunan strategi hingga proses implementasi di tingkat operasional dan audit untuk menemukan perbaikan. Jika ada hal yang ingin anda diskusi dengan kami, silahkan jangan segan untuk menghubungi Cognoscenti Consulting Groupwww.ccg.co.id / 021. 29022118
Previous
Next Post »